Secangkir Kopi Susu
Wednesday, July 02, 2008

Pemulihan setelah Caesar


Tanya
Ibu, terutama yang pernah `dibedel' perutnya, kapan sih kita benar- benar pulih setelah operasi caesar? Apakah tergantung orangnya yah? Sebab aku sudah tidak sabar untuk memulai `sit up' atahupun senam BL. Mana bawaannya ingin makan terus lagi. [Mim]

Jawab
2 minggu juga sudah sembuh, hanya kalau untuk senam dan olahraga sepertinya harus menunggu 3 bulan. Sementara pakai korset saja, biar perutnya tidak terlihat 'tumpah-tumpah'. Aku pernah coba menggunakan celana khusus yang bahannya tebal, mulai dari perut hingga paha, katanya sih bisa membantu memperkecil bagian perut dan paha, tapi aku tidak tahan pakai itu, karena gatal. [Ri]

Aku dulu juga sectio 2x, dan hasil sectio yang kedua lebih bagus dari yang pertama. Malah sekarang bekasnya sudah samar. (aku terakhir sectio 3½ tahun yang lalu.) Aku sendiri tidak tahu sebenarnya kita dinyatakan pulih setelah sekian lama karena perasaanku begitu luka kering ya kita sudah sembuh, tapi kitakan tidak tahu apakah lapisan dalam perut kita lukanya sudah kering atau belum? Aku dulu juga makan terus karena ingat tanggung jawab untuk menyusui. Dan karena perutku jelek, aku 'memaksakan' diri untuk mengenakan gurita selama beberapa jam setiap harinya. Tapi setelah 3 bulan dan harus masuk kantor lagi, karena tidak memungkinkan untuk mengenakan gurita, jadi aku pakai korset yang hingga ke perut. Lumayan sih, banyak membantu juga, apalagi aku tidak sempet olah raga. Olah raga bagus, tapi aku sarankan konsultasi ke dokter dulu apalagi kalo mau olah raga yang high impact. [des]

Aku perhatikan/bandingkan perut yang pasca operasi caesar dan pasca melahirkan normal, sepertinya lebih besar pasca operasi caesar ya? Terlihat masih buncit seperti ada bayinya.apa betul? Aku perhatikan adik, kakak ipar, dan aku sendiri. Aku saja setelah anakku 8 bulan sudah ikut senam BL, tidak tahan melihat perut bergelambir lembek, Alhamdulillah tidak ada masalah. [Di]

katanya sih begitu . sehabis melahirkan bukannya memang menggelambir baik itu normal ataupun sectio? aku lihat teman-teman yang normal juga ada yang perutnya besar. Aku juga SC 2 kali, lewat sebulan setelah SC, aku pakai bengkung selama 2 bulan, lumayan kalo pakai baju tidak keliatan perutnya ;) [ri]

aku juga sudah 2 kali melahirkan dan keduanya caesar dengan jarak berdekatan pula, 14 bulan dari anak pertama. Untuk urusan pulih memang masing-masing orang berbeda, ada yang cepat ada yang lama, ada yang masih terasa ngilu hingga 2 bulan. Dan aku dikasih saran kalau memungkinkan sehabis caesar tidak mengangkat yang berat-berat dan jangan langsung melakukan sit-up ataupun senam BL. Kalau aku dulu 2 minggu sehabis melahirkan aku ikut perawatan sesudah melahirkan selama 30 hari, orangnya datang kerumah dan berlangsung setiap hari. Prosesnya pertama massage dan lulur, kemudian ada acara mandi rempah dan susu, setelah itu dimulai perawatan yang fokusnya di bagian perut. Perutnya dikasih semacam tapel + cream untuk mengencangkan perut kemudian diikat dengan gurita dan dililit kain serupa angkin berwarna putih. Lumayan sih, perutku bisa balik hanya saja dibagian yang ada bekas caesarnya masih ,jendul' sedikit karena memang wajar kalau ada penebalan didaerah itu dan yang herannya lagi pinggulku kembali ke ukuran sebelum hamil. Pulihnya sekitar 3 bulan setelah melahirkan. Padahal sebelumnya aku sudah pasrah kalau badanku tidak bisa kembali apalagi waktu hamil anak pertama naiknya hingga 22kg. Coba saja pakai cara ini, mudah-mudahan bisa membantu, inipun kalau belum terlalu lama jarak dari caesarnya, kalau tidak coba ke ke dokter akupuntur saja, dia punya alatnya buat mengencangkan perut, semacem belt. [Lid]

aku sudah 3 kali caesar, anak pertama karena placenta previa. Waktu operasi pertama dan kedua, badan dan perut cepat kembali lagi mungkin karena naiknya cuma 13 kg, padahal aku orang yang paling malas olahraga tapi badan dan perut bisa kempes lagi. Tapi yang ketiga ini sampai sekarang aku masih belum kembali keukuran awal. Selain naiknya 20kg, faktor umur mempengaruhi kali ya, tapi tidak apa yang penting PD aja, lagian kalau kita bisa memilih busana yang cocok tidak akan kelihatan sekali kalau perutnya 'memble'.Tapi aku sudah bikin appointment untuk akupuntur dan dapatnya baru akhir bulan ini. [dum]

7 bulan yang lalu aku juga caesar. Sekarang ini kondisi perut masih gelambir-gelambir (kayaknya harus olah raga deh biar tetap kencang), tapi sudah menyusut tidak menggelembung seperti habis melahirkan dulu. Terasa sekali, setelah masuk kerja badan mulai menyusut dengan sendirinya, capek kali ya, dan memang kupaksa sedikit untuk banyak jalan kaki, maklum males OR. Paha juga mulai mengecil, walaupun tidak kenceng dan guratan-guratan merah masih terlihat. [res]

Kalau kata dokterku sih, 6 minggu pertama jahitan tidak boleh sampai terendam, jadi tidak boleh mandi berendam, bolehnya shower saja, tidak boleh berenang. Aku dulu sehabis mandi siram, cepat-cepat lukanya dikeringkan dengan hairdryer dingin. Kemudian otot perut, peritoneum dll yang di dalam itu, sembuhnya lebih lama lagi. Meski dari luar kelihatan sudah bagus, tapi jahitan dalam belum oke. Jadi tidak boleh angkat yang berat-berat. Kata obgyn-ku, untuk abdomen muscle benar-benar pulih dan bisa exercise normal (aerobic) memakan waktu hingga 1 tahun. Memang perut aku juga ,gember', mana tidak berani pakai gurita. Aku takut pakai gurita setelah c-section, takutnya jahitannya malah jebrol. Karena cs aku robeknya di bawah sekali (bikini style). Nah gurita itu kan mengikat perut, kalau atas ditekan, takut malah menjebol bawah, begitu pikirku. Tapi ternyata temanku ada yang pakai gurita dan katanya baik-baik saja. Tapi aku tidak tahu jahitan dia seberapa rendah. Jahitanku rendah sekali. Kalau yang cs dengan belah tengah (di linea alba), malah bagus pakai gurita, karena menahan jahitan. Aku ini beratnya masih berat sekali.! Mana makan terus, kalau menyusui itu tidak bisa berhenti makan kan? Tidak apalah, menyusui itu sedikitnya membuang 500 kalori di ASI, makanya perlu extra makan. Tapi aku sebetulnya juga berniat mengecilkan perut, cuma masih belum berani (aku baru melahirkan 4 bulan yang lalu), sit up sudah boleh belum ya? Lain-lain sudah kecil, cuma perut dan pinggul aja yang masih bersisa. [Nik ]

Setelah pakai gurita terus dipakaikan bengkung, diikat mulai dari bawah pantat (sekalian mengangkat pantat) dililit model ikat depan sampai atas [rie]

Aku juga caesar dan awalnya takut pakai gurita, tapi setelah dicoba Ternyata malah lebih enak pake gurita, jadi perut tidak gember sehingga jahitan tidak goyang-goyang dan sama sekali tidak sakit ternyata. Habis pakai gurita pakai stagen biar lebih mantap. [Mil]

Aku juga caesar dan malah enak pakai gurita. Risih sih awalnya dan merasa agak panas, tapi lama kelamaan malah enak tertekan begitu. Lagian guritaku itu dipasangnya benar2 nutupin dibawah-benar payudara sampai dibawah puser. Aku pakai sampai 40 hari, wallaupun 10 hari terakhir memakainya sudah asal, setelah itu perutnya alhamdulillah langsung kempes dan tidak menggelambir.[nad]

Benar sekali, pemulihan tiap orang beda. Anak saya lahir 8 bulan lalu dan kalau saya pakai celana yang agak kecil dan menyentuh jahitan masih suka ngilu sedikit. Idealnya konsultasi ke dokter untuk memastikan aman tidaknya melakukan senam. Kayaknya caesar memang rada gendutan perutnya, mungkin karena otot perutnya jadi malas kerja karena kontraksi tidak sehebat yang normal. Yang rada lucu, malah setelah jadi FTM jadi lebih cepat kurus dibanding waktu bekerja dulu. [git]
posted by Mbak Wiek @ 8:25 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Dalam hati yang damai, Semuanya serba mengalir
About Me

Name: Mbak Wiek
Home: Depok, Jawa Barat, Indonesia
About Me: 'ayu Cinta Setiawan" always love u my angel"
See my complete profile
Previous Post
Archives
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER