Secangkir Kopi Susu
Wednesday, July 02, 2008
KEHAMILAN N EJOY AJA yuk


Enjoy Aja ...!Nikmatilah waktu senggang selama hamil, maka risiko komplikasi kehamilan bisa berkurang. Janin pun tumbuh dan berkembang optimal.Proses kehamilan yang tengah Anda jalani, sebenarnya bukan semata suatu tahapan dari siklus kehidupan seorang wanita. Karena, kehamilan juga merupakan suatu pengalaman sekaligus pelajaran bagi Anda untuk secara sadar melatih pikiran, agar terfokus pada hal-hal positif. Ya, apa pun yang Anda lakukan, makan, minum, dan pikirkan, kini terpusat untuk kebaikan janin yang sedang tumbuh di dalam rahim Anda.Di lain pihak, Anda juga berhak menikmati masa kehamilan Anda. Antara lain, dengan melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan dan membuat Anda bahagia.

Lalu, bagaimana dengan adanya sejumlah perubahan fisik dan non fisik yang sifatnya sangat khas untuk masing-masing trimesternya, dan adakalanya kurang menyenangkan?Manfaat waktu senggangMemanfaatkan waktu senggang (leisure-time) selama kehamilan, baik bersama pasangan maupun menikmatinya sendirian, terbukti berdampak sangat baik bagi proses kehamilan. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan S. Marcoux bersama timnya dari Department of Social and Preventive Medicine di Laval University, Quebec, Kanada, terhadap 172 wanita hamil selama 28 bulan.Hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health tahun 1989 menyatakan bahwa memanfaatkan waktu senggang berupa aktivitas fisik selama masa kehamilan, terbukti menurunkan risiko ibu terkena pre-eklampsia (keracunan kehamilan).

Selain itu, juga menurunkan risiko terkena hipertensi gestasional (hipertensi akibat kehamilan).Sementara Da Costa D., et al., dari Divisi Epidemiologi Klinik, Montreal General Hospital, Kanada, menemukan hubungan antara waktu senggang dan kondisi psikologis ibu hamil. Dari risetnya yang dimuat dalam Journal Psychosom. Obstet. Gybaecology, edisi Juni 2003, terhadap 180 wanita hamil yang mengisi waktu senggang mereka dengan aktivitas fisik yang menyenangkan, terbukti keadaan emosi mereka cukup stabil, khususnya dalam menghadapi berbagai keluhan yang muncul.

Mereka juga jauh lebih tegar dalam mengatasi rasa cemas, suasana hati yang berfluktuatif akibat lonjakan perubahan kadar hormon, serta stres yang biasa dialami ibu hamil.Beda trimester, beda caraMasa kehamilan biasa dibagi menjadi 3 trimester. Masing-masing trimester akan menyebabkan sejumlah perubahan yang khas pada tubuh Anda. Yakni, sesuai dengan jenis dan tahapan proses tumbuh-kembang yang berlangsung pada janin Anda.

Pandai-pandailah Anda mengenali diri sendiri, sehingga tahu pasti apa yang Anda butuhkan untuk dapat menjalani setiap trimester kehamilan, lengkap bersama ‘warna-warninya’.· Trimester 1Perubahan kadar hormon kehamilan seringkali menimbulkan keluhan berupa rasa mual di pagi hari (morning sickness). Ini mempengaruhi kondisi fisik dan emosi Anda. Jadi, bersiaplah menghadapi suasana hati yang tidak menentu atau ketakutan mengalami keguguran.Anda dapat mengisi dan memanfaatkan waktu senggang bersama pasangan, dengan aktivitas yang membantu tubuh jadi sehat, segar, dan bugar.

Anda bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kehamilan dan kemampuan tubuh Anda. Berenang atau jalan kaki umumnya merupakan pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Namun, untuk memastikan jenis olahraga apa saja yang sesuai untuk Anda, berkonsultasilah dahulu dengan dokter Anda.

Pilihan aktivitas menyenangkan lainnya adalah makan di restoran favorit bersama pasangan. Suasana romantis, alunan musik yang lembut, serta aneka pilihan menu lezat akan membantu Anda mengusir rasa mual yang mendera.Namun, di atas itu semua, kunci sukses menikmati trimester pertama ini terletak pada kemampuan Anda untuk selalu berpikir positif.

Bukankah si kecil yang sedang tumbuh di dalam rahim Anda adalah anugerah Sang Pencipta? Jadi, syukuri dan jagalah itu semua dengan memberi segala yang terbaik bagi Anda dan si kecil.· Trimester 2Anda masih akan dilanda gejolak emosi. Perhatian penuh dari pasangan membuat Anda semakin tergantung padanya.

Tak heran, jika ia sedikit saja mengabaikan Anda, seringkali Anda langsung merasa khawatir akan ditinggalkan olehnya. Apalagi, perubahan pada tubuh Anda juga semakin nyata. Penampilan yang ‘tidak biasa’ ini akan mempengaruhi citra diri Anda, sehingga Anda merasa tidak percaya diri.Memang, kebanyakan ibu hamil terperangkap dalam sudut pandang fisik saja dalam melihat proses kehamilan.

Akibatnya, muncullah berbagai perasaan tidak nyaman. Padahal, bila Anda mencoba melihat lebih dalam, Anda akan menemukan sisi atau makna lain di balik semua perubahan fisik dan emosi yang Anda rasakan.Cobalah nikmati waktu senggang dengan pergi berjalan-jalan ke pantai. Memandang lautan lepas tanpa batas, niscaya akan memicu Anda untuk memperluas ‘kacamata’ Anda dalam memandang dan menyikapi berbagai hal dalam hidup, termasuk proses kehamilan ini.Asal Anda tahu, pada trimester ini banyak ibu hamil yang merasa lebih nyaman.

Rasa mual dan muntah berangsur-angsur hilang, sehingga nafsu makan kembali normal. Rasa nyaman ini biasanya meningkatkan kembali hasrat untuk berhubungan intim.

Sebagai selingan dan variasi untuk mengisi waktu senggang Anda, tak ada salahnya menikmatinya dengan santai sambil menciptakan suasana romantis di tempat tidur Anda.Perasaan bahagia karena dimanjakan suami tercinta, secara tidak langsung akan memupuk rasa cinta dalam diri Anda yang selanjutnya mendorong Anda untuk membagi dan memberikannya kepada si kecil, baik selama dalam kandungan maupun setelah lahir nanti.· Trimester 3Saat melahirkan kian dekat! Asalkan segala sesuatunya telah Anda persiapkan jauh-jauh hari, tak ada alasan merasa khawatir menghadapi proses persalinan.

Guna menambah kesiapan Anda ada baiknya ikutlah kelas senam hamil yang diadakan oleh rumah sakit atau rumah bersalin.Namun, bila rasa takut maupun cemas tetap saja Anda rasakan, cobalah berkumpul bersama teman-teman, baik yang sama-sama sedang menjalani kehamilan, maupun yang sudah pernah melahirkan.

Manfaatkanlah momen itu untuk berbagi pengalaman, sekaligus mengambil pelajaran dari teman yang sudah berhasil melalui proses persalinan dengan sukses.

Atau, pergilah ke spa bersama pasangan, atau melakukan hal-hal lain yang menyenangkan, seperti berakhir pekan ke resort, ke klub untuk menikmati live music, berdansa dan lain-lain.Ingatlah selalu, apa pun yang Anda rasakan, semua itu hanyalah bersifat sementara. Proses kehamilan yang tengah Anda jalani ini, adalah salah satu dari siklus kehidupan seorang wanita. Anggaplah ‘warna-warni’ kehidupan ini ibaratnya seperti saat Anda merasakan kebahagiaan ketika berdansa! Life is like dancing! So, enjoy it…Makna di Balik Proses KehamilanKita dapat belajar makna kehidupan melalui proses kehamilan.

Bahwa, ada malaikat kecil yang dititipkan Tuhan untuk tumbuh di dalam rahim Anda. Dan malaikat tersebut dibekali dengan sebuah “kitab kehidupan” seperti halnya juga Anda, pasangan Anda, dan setiap manusia.


Melalui proses kehamilan, Anda dapat belajar membaca sedikit demi sedikit tentang apa saja yang tertulis dalam “kitab kehidupan” yang dibawa oleh malaikat kecil di dalam rahim Anda. Bahkan, sampai si kecil lahir, tumbuh dan berkembang. Yakni, dengan mengenali si kecil sedekat mungkin, sehingga Anda akan mampu mengetahui dengan tepat, apa yang benar-benar dia butuhkan. Bukan hanya kebutuhannya secara fisik, melainkan juga kebutuhan mentalnya.

Sumber : Sri Lestariningsih
posted by Mbak Wiek @ 8:07 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Dalam hati yang damai, Semuanya serba mengalir
About Me

Name: Mbak Wiek
Home: Depok, Jawa Barat, Indonesia
About Me: 'ayu Cinta Setiawan" always love u my angel"
See my complete profile
Previous Post
Archives
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER